Kabupaten Lampung Selatan

Posted: 20 Januari 2012 in Potret Kalianda

Kabupaten Lampung Selatan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kalianda. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.109,74 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 923.002 jiwa (LSDA 2007).

Wilayah Kabupaten Lampung Selatan terletak antara 1050 sampai dengan 1050450 Bujur Timur dan 50150 sampai dengan 60 Lintang Selatan. Mengingat letak yang demikian ini daerah Kabupaten Lampung Selatan seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia merupakan daerah tropis.

Kabupaten Lampung Selatan bagian selatan meruncing dan mempunyai sebuah teluk besar yaitu Teluk Lampung. Di Teluk Lampung terdapat sebuah pelabuhan yaitu Pelabuhan Panjang dimana kapal-kapal dalam dan luar negeri dapat merapat. Secara umum pelabuhan ini merupakan faktor yang sangat penting bagi kegiatan ekonomi penduduk Lampung, terutama penduduk Lampung Selatan. Pelabuhan ini sejak tahun 1982 termasuk dalam wilayah Kota Bandar Lampung.

Di bagian selatan wilayah Kabupaten Lampung Selatan yang juga ujung Pulau Sumatera terdapat sebuah pelabuhan penyeberangan Bakauheni, yang merupakan tempat transito penduduk dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya. Dengan demikian Pelabuhan Bakauheni merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera bagian selatan. Jarak antara Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) dengan Pelabuhan Merak (Propinsi Banten) kurang lebih 30 kilometer, dengan waktu tempuh kapal penyeberangan sekitar 1,5 jam. Kabupaten Lampung Selatan mempunyai daerah daratan kurang lebih 2.109,74 km² (LSDA 2007), dengan kantor pusat pemerintahan di Kota Kalianda.
Penghargaan
Program ADIPURA dilaksanakan di antaranya untuk memberikan Reward and Punishment pada kota yang bersih dan kota yang tidak bersih pada tiap tahun peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Indonesia setiap tanggal 5 Juni.

Keberhasilan Kab. Lampung Selatan pada umumnya dan Kota Kalianda pada khususnya memperoleh penghargaan Adipura ini adalah untuk ke tujuh kalinya, yaitu pertama tahun 1997,kedua tahun 2004, dan 5 kali berturut-turut yaitu tahun 2006, 2007, 2008, 2009 dan 2010.

Piala Adipura tahun 2009 telah diterima oleh Bupati Lampung Selatan Bapak Hi WENDY MELFA, SH. MH. dari Presiden R.I. Bapak Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara pada tanggal 5 Juni 2010.

Ada 4 klasifikasi kota yang dinilai, yaitu Kota Metropolitan, Kota besar, Kota sedang dan kota kecil. Kalianda termasuk kota kecil terbersih dan berhak menerima anugerah piala Adipura.

TEMA :

“DENGAN MEMPEROLEH PENGHARGAAN ADIPURA TAHUN 2010 DARI PRESIDEN R.I. KITA TINGKATKAN PARTISIPASI ANAK BANGSA DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN AGAR MENJAGA KEBERSIHAN, KEINDAHAN DAN KETERTIBAN“

Himbauan :

Diminta partisipasi masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan agar kota Kalianda selalu bersih, hijau, indah dan sehat serta menjadi contoh bagi kota-kota yang lain.

Adipura yang pernah di raih Kalianda sebagai Kota Kecil Terbersih :

Tahun 1997
Tahun 2004
Tahun 2006,
Tahun 2007,
Tahun 2008,
Tahun 2009,
Tahun 2010 s/d
Tahun 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s